Motor Tertukar di Pasar akhirnya Dibawa Pulang, Pemilik Sempat Tunggu 3 Jam tapi Tak Ada Hasil

Suyamto kebingungan saat motor Honda Supra X tahun 2001 miliknya tertukar di Pasar Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah pada Minggu (23/5/2021). Motor milik warga Sanggrahan, Grogol, Sukoharjo ini tertukar dengan motor milik pengunjung lainnya. Insiden ini bermula saat Suyamto pergi berbelanja ke Pasar Grogol.

"Motor bapak itu parkir terlebih dahulu," kata Aji, anak Suyamto. "Kemudian kata tukang parkir, ada motor Supra dengan warna sama parkir di sebelah motor bapak," jelasnya. Saat Suyamto selesai berbelanja, dia kaget motor Supra itu tidak bisa dibuka kunci kontaknya.

Saat dicermati, ternyata motor Supra itu bukan milik Suyamto. Dari identitasnya, Honda Supra X itu bernopol AD 6935 P, milik warga Jaten, Karanganyar. "Motor punya bapak itu kunci starternya sudah rusak."

"Jadi dipakai kunci apa saja bisa," jelasnya. Suyamto sempat menunggu di Pasar Grogol selama tiga jam. Dengan harapan orang yang membawa motornya kembali ke Pasar.

Namun, setelah ditunggu, orang tersebut tidak kembali. Akhirnya motor Supra yang tertinggal dibawa Suyamto ke rumah. "Belum saya laporkan ke pihak kepolisian."

"Hanya saja motornya saya bawa pulang, agar ada yang jaga di sini," ujarnya. Aji pun kemudian mengunggah foto motor tersebut ke sejumlah akun media sosial. Harapannya pemilik motor Honda Supra X bernopol AD 6935 P itu menyadari jika motor yang dibawa tertukar dengan milik Suyamto.

"Kalau dari tukang parkirnya bilang, yang bawa motor bapak tidak pakai helm." "Kemungkinan orang sekitar Pasar juga," jelasnya. Dia mengatakan, kalau motor Supra tersebut tidak segera diambil pemiliknya, maka dia akan mencoba menelusuri motor tersebut dari alamat STNK pada motor Supra itu.

Kejadian sepeda motor tertukar setelah pemilik makan di warung bakso, menjadi viral di media sosial. Kisah itu diunggah oleh akun TikTok @juwanfalyanto, Kamis (13/5/2021). Video tersebut menuai beragam komentar dari warganet dan telah ditonton hingga 1,4 juta kali.

Dua orang yang mengalami kejadian itu memang memiliki merek motor yang sama. Sehingga, mereka tak sadar jika motor yang mereka kendarai ternyata tertukar. "Jadi ceritanya teman aku ketukar motor.

Teman aku panik motornya gak hidup hidup," tulis akun itu. Kisah itu direkam dan diunggah oleh Juan (24) asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Adapun pemilik motor yang tertukar itu adalah temannya, Ariyadi.

Keduanya saat itu sedang makan di sebuah warung bakso di Banjarmasin, Rabu (12/5/2021). Setelah selesai makan, keduanya dan teman lain bernama Alfa langsung mengambil motor di parkiran. Juan menyebut, Ariyadi tak menyadari jika motornya tertukar dengan pembeli yang lain.

Juan kemudian langsung merekam kejadian tersebut setelah tahu motor temannya tertukar. "Alfa langsung bilang ke saya, saya langsung buka kamera di HP dan merekam kejadian itu." "Sebelumnya saya masih ragu apakah benar tertukar atau tidak," bebernya.

Saat melihat motor yang dinaiki pembeli lain tak menyala, mereka semakin yakin jika motor Ariyadi memang tertukar. "Saya ragu saat melihat cewek itu dengan percaya dirinya langsung menarik motornya," kata dia. "Tapi ternyata motor cewek itu enggak mau hidup."

"Jadi saya enggak bisa tahan ketawa dan bilang kalau itu tertukar," imbuh Juan.