Menulis Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris? Simak 4 Tips Ini

Surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris sekarang sudah menjadi salah satu persyaratan melamar ke perusahaan. Bukan cuma kemampuan, kamu yang sedang mencari pekerjaan pun harus bisa menulis surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris. Apalagi kalau perusahaan yang kamu lamar levelnya internasional atau menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi sehari hari.

Maka, sudah pasti kamu harus bisa menulis surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris sebagai salah satu bukti paling minimal bahwa kamu menguasai bahasa tersebut. Satu hal yang penting ialah menulis surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris agar bisa menarik perhatian perusahaan. Nah, untuk membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggrisyang tepat, kamu tak boleh asal menerjemahkan darisurat lamaran yang sudah adadalam bahasa Indonesia.

Supaya menarik sekaligus menunjukkan kemampuanmu, simak tips menulis surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris seperti melansir dari berikut! Heading berisi identitas pribadimu sebagai pelamar kerja. Di dalamcontoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris perlu dicantumkan nama, domisili, nomor telepon, alamat email, serta tanggal surat.

Namun apabila surat lamaran kerjayang kamu tulis dikirimkan via email, identitas pengirim dapat kamu cantumkan di akhir surat. Setelahnya, kamu wajib mencantumkan salam kepada siapa surat ditujukan, bisa pimpinan perusahaan atau HRD sebagai orang yang bertanggung jawab atas rekrutmen karyawan. Tuliskan "Dear Mr. atau Ms." jika kamu memiliki informasi terkait pimpinan perusahaan maupun HRD.

Isi surat lamaran kerja terbagi menjadi empat paragraf singkat. Paragraf pertama menjelaskan pekerjaan yang kamu lamar dan dari mana kamu mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. Paragraf kedua, jelaskan mengenai pengalaman dan kemampuanmu, serta alasan mengapa kamu adalah calon yang tepat untuk menempati lowongan pekerjaan tadi.

Di paragraf ketiga, sampaikan ucapan terima kasihmu kepada perekrut. Sementara di paragraf keempat, jangan lupa cantumkan jika kamu sudah tidak sabar menanti follow up dari perekrut terkait lamaran yang kamu kirim. Teliti kembali surat lamaranmu sebelum mengirimkannya.

Pastikan tidak ada kesalahan grammar , typo , atau kesalahan penulisan lainnya. Selain memperhatikan empat hal tadi, simak juga beberapa tips agar surat lamaran kerjamupunyamu lolos seleksi HRD! 1. Gunakan jenis font standar yang jelas dan mudah dibaca, misalnya Times New Roman ukuran 12.

2. Hindari menggunakan huruf yang terlalu mencolok (tebal dan terlalu rumit). 3. Hindari menggunakan kertas berwarna dan atau bermotif. Pilihlah kertas putih polos. 4. Pastikan menulis menggunakan pena hitam. Jika lamaran dikirim ia email, biarkan font tetap berwarna hitam.

Setelah membaca tulisan ini, siap menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris? Semoga surat lamaran kerjapunyamu kali ini bisa menarik hati HRD ya! (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.