Kemnaker Bantah Ketua Delegasi RI di G20 LEMM Terpapar Covid-19 di Italia

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membantah kabar ketua delegasi Indonesia (RI) di Pertemuan Menteri Keenagakerjaan G20 (G20 Labour and Employment Ministers’ Meeting/G20 LEMM) terpapar Covid 19. Hal ini ditegaskan Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi. "Alhamdulillah selama kami berangkat dan berada di Catania Italia, kita mengikuti program ini, semuanya berjalan dengan baik, lancar, dan sehat wal afiat," kata Anwar Sanusi dalam keterangannya, Sabtu (26/6/2021).

Diketahui, Sekjen Kemnaker Anwar baru saja usai mengikuti G20 LEMM 2021 di Catania, Italia, mewakili Menaker Ida Fauziyah pada 22 hingga 23 Juni 2021. Namun tidak ada delegasi RI yang mengikuti G20 LEMM 2021 yang terkonfirmasi Covid 19. Bahkan ia dan delegasi RI dalam pertemuan G20 LEMM rutin melakukan test Covid 19, sebagaimana yang telah diatur pihak penyelenggara.

Sebelum kembali ke Indonesia pun para delegasi RI yang mengikuti pertemuan G20 di Catania juga telah menerima hasil test negatif dari Covid 19. "Sebagaimana ketentuan yang harus kita jalani, setiap 2 hari kita harus mengikuti test Covid 19. Dan delegasi yang akan pulang hari ini, semua rombongan sudah mendapatkan hasil dan isinya negatif," kata Anwar. Setelah sampai di Indonesia seluruh delegasi harus mengikuti protokol kesehatan dengan melakukan karantina mandiri.

Anwar pun memohon doa kepada masyarakat Indonesia agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. "Seluruh delegasi akan mengikuti protokol kesehatan dengan karantina mandiri. Mohon doanya, semoga kita selalu diberikan perlindungan dan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa," kata Anwar.