10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Kulit, Rambut dan Kuku

Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk wajah, kulit, rambut, dan kuku. Minyak zaitun adalah minyak kaya nutrisi yang terbuat dari buah zaitun yang diperas dan kemudian diperas minyaknya. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan antioksidan, yang dapat bermanfaat bagi kulit.

Selain itu, minyak zaitun mengandung sterol, karotenoid, dan alkohol triterpen. Semua senyawa bioaktif ini memberikan sifat anti inflamasi, antimikroba, pelindung kulit, perbaikan kulit, dan antioksidan yang signifikan pada minyak zaitun. Minyak zaitun dikemas dengan vitamin, lemak, dan antioksidan yang sehat, dan komponen ini dapat berkontribusi pada kulit yang tampak lebih sehat.

Ini melembabkan kulit dengan mengunci kelembapan, dan antioksidannya dapat membantu memperbaiki tanda tanda penuaan. Dikutip dari emedihealth.com , berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk wajah, kulit, rambut dan kuku: Karena kandungan lemaknya yang kaya, minyak zaitun menunjukkan sifat pelembab yang menjaga kulit lembut, halus, dan terhidrasi.

Ada kualitas yang berbeda dari minyak zaitun berdasarkan metode pengolahannya, tetapi minyak zaitun extra virgin adalah yang paling murni dan paling sedikit diproses dari semuanya. Pemrosesan dapat menghilangkan beberapa kandungan lemak dan manfaat nutrisi lainnya dari minyak zaitun, jadi yang terbaik adalah menggunakan minyak zaitun extra virgin untuk tujuan dermatologis. Minyak zaitun tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki kulit sensitif atau sedang berjuang dengan kondisi kulit seperti dermatitis atopik.

Penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dihindari. Penuaan dapat diakibatkan beberapa faktor yaitu pola makan yang buruk, stres, polusi lingkungan, dan kerusakan akibat sinar matahari. Penggunaan minyak zaitun sebagai agen anti penuaan tidak berarti akan membuatmu awet muda, tetapi tentu dapat melindungi kulit dari faktor faktor perusak kulit tersebut untuk mencegah penuaan dini.

Radiasi UV menyebabkan peradangan seluler, yang bermanifestasi dalam bentuk kemerahan pada kulit (eritema). Polifenol dalam minyak zaitun mengurangi peradangan ini karena sifat anti inflamasi dan antioksidannya. Trigliserida di dalamnya membantu memperbaiki penghalang kulit dan mengurangi pengeringan dan pengelupasan kulit yang terbakar sinar matahari.

Tindakan pertama untuk kulit yang terbakar sinar matahari adalah kompres dingin, yang memungkinkan panasnya keluar. Setelah situs menjadi dingin, Anda dapat menggunakan sedikit minyak zaitun dan minyak kelapa untuk meningkatkan perbaikan kulit. Sinar matahari mengandung sinar UV yang mudah diserap ke dalam kulit dan kemudian melepaskan molekul oksigen tidak stabil yang disebut radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas ini menyerang sel sel kulit yang sehat dan merusaknya dalam prosesnya, memicu penuaan kulit dini dan bentuk bentuk masalah kulit lainnya. Hydroxytyrosol adalah senyawa antioksidan utama dalam minyak zaitun yang membantu melawan atau menetralisir aktivitas merusak dari radikal bebas ini. Ada penelitian yang menunjukkan peningkatan yang signifikan secara klinis dalam pengurangan skala dan stabilisasi kerontokan rambut pada alopecia psoriatik ketika minyak zaitun digunakan sebagai suplemen topikal untuk pengobatan medis.

Minyak zaitun juga menjaga kulit kepala Anda tetap sehat dengan menghambat pertumbuhan mikroba yang berlebihan. Masalah tumit pecah pecah menjadi lebih buruk seiring bertambahnya usia, tetapi dapat ditunda atau dihindari jika mulai merawatnya sejak dini. Minyak zaitun adalah salah satu pelumas terbaik untuk menghidrasi kaki yang kering.

Hal ini kaya dengan berbagai asam lemak yang menjelaskan sifat pelumas dan humektan yang dapat menghidrasi dan memperbaiki tumit pecah pecah. Bibir pecah pecah adalah masalah umum saat cuaca berubah menjadi kering. Kondisi ini ditandai dengan pengelupasan atau pengelupasan kulit bibir dan bibir kering terus menerus.

Minyak zaitun, yang memiliki perbaikan penghalang kulit dan sifat pelembab, terbukti menjadi obat yang sangat baik dalam kasus seperti itu. Minyak ini meningkatkan pergantian dan proliferasi sel, sehingga membantu pertumbuhan kulit baru. Ini juga mengikat kelembapan pada bibir kering.

Mengoleskan minyak zaitun ke kuku dapat membantu melembabkan, menutrisi, menguatkan, dan memperbaikinya. Efek ini sebagian besar disebabkan oleh kandungan vitamin E yang kaya, yang mudah diserap ke dasar kuku dan kutikula untuk menghidrasi dan menyembuhkannya dari dalam. Minyak zaitun sarat dengan asam lemak, yang menjebak produk yang larut dalam minyak pada kulit Anda.

Ketika minyak ini bercampur dengan kosmetik di kulit, akan menjadi lebih mudah untuk dihilangkan. Ini sangat baik untuk menghilangkan riasan mata yang umumnya berbahan dasar lilin, seperti maskara atau eyeliner tahan air. Tidak seperti penghapus riasan biasa, minyak zaitun tidak mengandung bahan keras yang dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar mata.

Sebaliknya, mengandung squalene, yang sangat menghidrasi kulit dan juga mengkondisikan bulu mata. Minyak zaitun sarat dengan polifenol, vitamin E, dan pitosterol, yang semuanya merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan juga meningkatkan perbaikan kulit. Aplikasi minyak zaitun secara teratur dapat membantu memudarkan pigmentasi dan mengekang pembengkakan yang mendasari terkait dengan kantung mata atau lingkaran hitam.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.